Tim Van Damme Pakde Sulas

Me

Blog

Takut Kuwalat

Cak Gendon tergopoh-gopoh saat masuk rumah, sehingga membuat Ning Jamilah terbengong menyaksikan perilaku suaminya. Cak Gendon berjalan hilir mudik bongkar sana bongkar sini entah apa yang dicarinya. Seingat Ning Jamilah, suaminya tadi pamitnya akan pergi ke pasar burung, katanya sih hanya mau melihat-lihat saja.

“Cak sampean itu kenapa, kok mondar-madir kayak gasing, sampai mumet kepalaku” Ning Jamilah menegur suaminya.

“ Kamu lihat nggak kain putih bekas spanduk kemarin” Tanya Cak Gendon pada istrinya.

“ Ditanya nggak jawab, malah ganti nanya”. Ning jamilah setengah mengomel.

“ Sudah , jangan bawel, lihat nggak kainnya?” sergah Cak Gendon dengan nada gusar.

“ Tuh, di samping tempat cucian, Buat apa sih Cak? masa burung dibungkus kain putih?” Ning Jamilah menunjuk tempat cucian, memberi tahu, sembari meyelidik.

“ Ngawur saja kamu, masa burung dibungkus kain. Ini untuk membungkus bangkai kucing” kata Cak Gendon .

“ Eealahhh… Cak, bangkai kucing saja dibungkus kain segala, dibuang ke sungai atau pendam saja beres”. Kata Ning Jamilah, bicara dengan bibir yang di manyun-manyunkan.

“ Hussss, jangan bicara sembarangan, nanti kuwalat”. Sergah Cak Gendon.

“ Kuwalat? Kuwalat apa Cak, Sampean ini kok masih percaya  tahayul, memangnya Cak Gendon habis ngapain?. Ning Jamilah mulai nerocos menyelidik.

“Aku takut kuwalat, Aku tadi telah menabrak kucing hingga tewas, makanya aku nyari kain putih untuk membungkus bangkainya, agar dapat menguburnya dengan layak, biar tidak kuwalat”. Terang Cak Gendon.

“Cakkk Cak, gak ada ceritanya kuwalat karena nabrak kucing, yang kuawalat itu jika Cak Gendon nabrak orang apalagi kalau  hingga tewas, kemudian sampean melarikan diri, istilahnya “Tabrak Lari”, itu baru kuwalat karena sampean dikejar-kejar dosa dan dicari polisi untuk mempertanggungjawakan perbuatan sampean, Jaman gini masih percaya kuwalat nabrak kucing, no way”. Jelas Ning Jamilah dengan gaya nbanyol.

“Ngomong sama kamu, aku ini kagak ada benarnya” sungut Cak Gendon, sambil membawa kain putih keluar rumah.

Sementara Ning Jamilah hanya bisa geleng-geleng kepala .

16 comments :

  1. hehe...iya pakde, ini mitos ato karena kucing adalah hewan kesayangan Rasululloh kah?

    Tapi ning Jamilah juga bener, byk orang yg lebih takut kuwalat jika nabrak kucing daripada nabrak orang..., kok luwih aji nyowo kucing to yo yo..

    ReplyDelete
  2. menghambil hikmah dari kisah ini, bahwa binatang pun jika sudah tidak bernyawa mesti dikuburkan, jangan dibuang ditempat sampat atau sembarang tempat.

    ReplyDelete
  3. yang bener yang mana ya... kuwalat karena nabrak orang atau kuwalat karena nabrak kucing..

    mitos yang membingungkan

    ReplyDelete
  4. hal-hal semacam ini di tempat kelahiran saya masih kental Pak Dhe. perlakuan terhadap kucing yang ditabrak sangat berlebihan. Kan cukup dikubur sewajarnya saja kan sudah, ndak perlu dikafani apalagi disajeni, malah bikin ribet sendiri

    ReplyDelete
  5. kalo masalah ini>>>wallahu alam bishawab<<<, memang saya juga sering denger cerita kalo orang yang nabrak kucing harus buru2 dikubur, khawatir nanti ada kecelakaan pada yang nubruknya. memang kadang ada bener juga ada yang ga bener atas kejadian itu. cukup dikubur aja Pakde ga usah pakai kain atau apalah.

    trims atas ceritanya,
    semoga sukses selalu n TETAP SEMANGAT

    ReplyDelete
  6. hehehe,,,cerita ini nyata pakde, mungkin kalau kita bertanggung jawab tidak akan kuwalat,,,

    ReplyDelete
  7. salam pakde
    berkunjung silahturrahmi
    semoga sukses selalu ya

    ReplyDelete
  8. orang lebih takut nabrak kucing daripada nabrak orang pakde. ini nyata bener

    ReplyDelete
  9. kucing itu hewan spesial pakde ..

    ReplyDelete
  10. jadi ingat akan masku aku pakdhe nama panggilane gendon hehe

    ReplyDelete
  11. Selamat pagi PakDe
    berkunjung silahturrahmi

    ReplyDelete
  12. Iya nich pak de....ngak tahu kenapa mitos itu sebegitu kuat..banyak otang percaya termauk saya...

    sukses pak de

    ReplyDelete
  13. Kenapa ya mitos itu ternyata dimana2, dulu orangtuaku juga bilang begitu. Tapi saya sekarang jadi mikir, dan merasakan kayaknya kalau sampai dianggap kualat jadinya syirik. Aku sih mikirnya itu hanya arahan untuk menguburkan dg benar makhluk yang bernyawa sebagai bentuk penghormatan padanya. Tapi kalau kualat karena dosa habis nabrak trus gak diurus gak ngerti ya hehe....

    ReplyDelete
  14. asswrwb, hmmm mungkin dikubur dg wajar sdh cukup ^_^...

    ReplyDelete
  15. Hahaa... nggeh pakde, disini pun aku masih denger mitos kaya gitu cuma bedanya sampe di Jakarta sini udah bukan kain putih yg mesti dijadiin kafan, tapi baju yg dipake yg nabrak itu hhe... :) Mbuh lah, klo dikampungku sih tak manut2 ae biar gak disangka lupa adat, klo disini sih ndak haha... lagian blum pernah juga aku nabrak kucing :)

    ReplyDelete
  16. Masalahnya mungkin bukan kuwalatnya kali ya tapi rasa tanggung jawabnya.. Masa ud nabrak kucing mau ditinggalin gitu aja bangkainya.. Nanti baunya kemana-mana.. Bangkai kucing harus dikubur juga biar tidak mengganggu orang yang lewat.. Tapi kalo sampe dibungkus kain putih kayaknya juga terlalu berlebihan ya

    ReplyDelete