Tim Van Damme Pakde Sulas

Me

Blog

Iming – iming

Siapa yang tidak tahu makna dari judul diatas? aku yakin semua pasti tahu. Iming-iming artinya adalah suatu pemberian yang akan diberikan bila si “obyek” mau melakukan “sesuatu” atas permintaan si “subyek”. Ha ha ha sok mengajari pelajaran bahasa indonesia, emang nialai raport aku berapa?

Hari –hari belakangan ini kita di bombardir berita tentang “eksekusi mati” para gembong narkoba. Yang sangat menyita perhatian adalah “si cantik”: Mary Jane. narapidana wanita yang berasal dari Philipina.

Yang kita tahu, sekarang di negaranya sana sedang ada usaha untuk menyelamatkan dia dari eksekusi mati. Dan Khabarnya sedang dibuat drama bila Mary Jane hanyalah “korban” trafficking, alias korban perdagangan manusia. Sangatlah mengherankan adalah apabila “satu hari” sebelum pelaksanaan eksekusi, dikhabarkan bila sang perekrut Mary Jane menyerahkan diri. Apa masuk akal, bila seorang gembong, tiba tiba berbaik hati menyerahkan diri?

Iming-iming yang sangat besar, tentulah sangat menarik hati, apalagi bila iming-iming itu nilainya  sangat fantastis, tentu sangat mendorong manusia untuk “tamak” mendapatkannya.

Tapi harus juga diingat, bila seseorang memberi iming-iming yang besar apalagi bila nilainya sangat tidak logis, pasti si “pemberi” mempunyai tujuan yang tidak logis pula. Dan bila seseorang bersedia  melakukan permintaan si pemberi iming-iming pastilah dia sudah tahu resiko yang akan dihadapinya.

Salah satu orang yang ingin memperoleh iming-iming itu adalah Mary Jane, pasti dia tahu “resiko” apa yang akan dihadapi. Karena “ketamakannya” untuk mendapatkan iming-iming yang fantastis, dia bersedia melakukan permintaan si pemberi iming - iming tadi.

Bila sekarang  PBB, dan Amnesti Internasional pada ribut mengecam Indonesa, dan menyebut bangsa Indonesia adalah bangsa barbar, apakah mereka tidak keblinger?

Iming iming apakah yang akan didapatkan oleh PBB dan Amesti Internasional bila berhasil menyelamatkan Mary Jane dari Ekseusi hukuman mati?

1 comment :

  1. iming iming biasanya jalan bareng sama omong-omong tuh, pakde

    ReplyDelete