Tim Van Damme Pakde Sulas

Me

Blog

Blogging: Sebuah kepuasan

    images

Sahabat blogger…

Apa yang ditulis oleh penulis adalah pengalaman pribadi penulis . Bukan hasil copy paste apalagi hasil plagiat he hehe.

Pernahkah sahabat blogger berpikir menjadi blogger sebelum ini? Sejujurnya, penulis sendiri sebelumnya tidak pernah berpikir untuk menjadi blogger, karena sebelumya penulis juga tidak mengerti apa itu blog dan apa itu blogger.

Blogger? Apaan sih? Begitulah dahulu bertanya dalam hati. Akhirnya penulis tahu apa yang dimaksud dengan blogger. Blogger adalah seorang pengelola sebuah atau lebih blog. Yang namanya mengelola itu artinya ya membuat dan menjalankan blog, dengan menulis posting, serta membuat bagaimana caranya blog semakin menarik untuk dikunjungi.

Suatu waktu, penulis dimutasi kesuatu bagian di tempat penulis bekerja. Yang mana penulis mendapat fasilitas computer dan internet, sedang waktu yang digunakan untuk bekerja juga tidak terlalu sibuk, yang tentu saja pendapatan penulis juga menjadi tidak sebesar waktu di tempat sebelumnya he he he…

Untuk menghilangkan kesuntukan mulailah penulis surfing di dunia maya he he he..

Di situlah penulis mulai mengenal istilah blog, blogger, blogging, blog walking, posting dan sebagainya dan sebagainya. Jreng….mulailah penulis membuat suatu blog.

Sssst!, sebuat blog pun jadi, sekarang waktunya posting. Posting? He he he ternyata menulis sebuah posting tidak semudah penulis yang bayangkan.Bila sebelumnya sepertinya banyak ide di kepala penulis, Ehh…ternyata, begitu menghadap computer , semua hilang melayang entah kemana. Apa yang akan aku tulis? Kira-kira begitulah sebuah pertanyaan yang terbesit di dalam hati.

Akhirnya timbulah ide untuk meng-copy paste. Sampai beberapa waktu penulis melakukannya , tapi penulis tidak pernah merakan sebuah kepuasan. Cara lain pun penulis coba, bila sebelunmya dengan copy-paste, kemudian dengan menterjemahkan posting dari berhasa asing dengan bahasa Indonesia. Jangan berpikir jika penulis itu mahir berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya, yang penulis lakukan hanyalah memanfaatkan fasilitas translate di sebuah software he he he.

Semua itu ternyata tidak membawa kepuasaan, yang ada hanyalah rasa bersalah, dan takut ketahuan oleh pembaca dan si penulis aslinya. Mulailah penulis mulai mempelajari cara menulis, tuh …banyak bersebaran di bangkunya simbah google.

Akhirnya penulis bisa juga menulis posting dengan hasil ide sendiri, itu adalah suatu kebanggan tersendiri dan kepuasan tersendiri. Mungkin kualitas tulisan penulis sangat rendah bagi seorang yang sudah senior atau yang sudah lama berkecimpung di dunia blogging. Itu tidak mengapa, yang penting itu hasil tulisan sendiri. Yang penting nulis he he he.

Penulis putuskan untuk membuang dengan men-delete semua posting hasil copy paste dan hasil terjemahan di blog penulis. Akibatnya blog penulis hanya berisi beberapa posting saja. Sepiiii gituloh.

Sahabat blogger

Itulah sekelumit ceita dari penulis tentang pengalaman penulis di dunia blogging

Mudah mudahan akan penulis sambung lagi di posting berikutnya.

15 comments :

  1. Menulis sendiri dengan hasil pemikiran sendiri memang lebih puas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastinya sih begitu, kita bangga dengan hasil karya sendiri

      Delete
  2. Blogging memang mengasyikan ya Pka De, apalgi bisa menuangkan ide sesuai pengetahuan kita yang bisa kita kembangkan.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. harapannya memang begitu, apalagi bila pengetahuan itu bermafaat bagi orang lain

      Delete
  3. Blogging emang asykk bener, tapi butuh banyak waktu untuk melakukn hal itu , ya gak mas,

    ReplyDelete
    Replies
    1. yo..i, asal jangan melalaikan hal lain yang lebih penting

      Delete
  4. meski sulit, tapi terasa lebih memuaskan, daripada sekedar copas.
    happy blogging
    salam kenal pakde

    ReplyDelete
    Replies
    1. percayalah pasti begitu

      salam kenal kembali sahabat

      Delete
  5. betul Pakdhe
    Saya sendiri juga merasakan demikian, sesibuk apapun saya, selalu menyempatkan diri ngeblog kalau memang ada waktu senggang diantaranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. intinya jangan melalaikan hal lain yang lebih penting

      Delete
  6. Istri saya pernah ngomong, "sampean kok koyok keluwihen waktu, digawe ngeblog. Lak mending digawe istirahat" Saya cuman tersenyum. Meski benar juga apa yang dikatakan emake anak-anak, herannya saya kok ya bisa bertahan 4 tahun lebih ngeblog. Ini sebagai bukti bahwa telah banyak yang saya dapatkan dari ngeblog, bukan uang sih tapi wawasan, persahabatan dan nggak bikin utek buntet. Lhak ngoten to Dhe ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang sebuah kepuasan itu ada harganya, walau kadang di komplain anak dan istri

      Delete
  7. Ngeblog itu asik, walau terkadang jenuh, bosen, tapi tetap saja sampai sekarang bertahan dan ngaku-aku sebagai blogger he.he..
    Yang penting dinikmati dan ambil sisi positif dari ngeblog :)
    Nuwun De...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sami kalih kulo, inggih hampir 5 tahun

      Delete
  8. Awalny saya gak maksimal, tapi sekarang udah PUASSS bisa ngeblog dapat Dollar lagi hehe,....

    ReplyDelete