Tim Van Damme Pakde Sulas

Me

Blog

Pengakuan 10 Dosa

Berat nian permintaan sahabat ini. Ini adalah todongan yang yang tidak dapat ditolak, kata orang tua dahulu, adalah saru jika menolak permintaan kawan. Permintaan ini mudah-mudah susah, susah-suah mudah. Permintaan tersebut datangnya dari Jeng Tiwi, sang empunya biliktiwi. Jeng Tiwi minta pakde untuk membeberkan 10 hal tentang pakde. Baiklah tanpa banyak kata lagi pakde suguhkan 10 hal tentang pakde.Lanjuttttttt....


1. Pakde dilahirkan dengan nama Eko Asmiwidodo, kerenzzz… , tapi nama itu hanya pakde sandang hanya beberapa tahun saja. Usia tiga tahun nama pakde diganti, bukan karena sakit-sakitan, tapi karena Ayah pakde desersi dari dinas ketentaraan, nama pakde diganti menjadi Sulasiyono. Ehh…waktu penulisan ijazah SD, terjadi salah penulisan nama, menjadi Sulastiono. Dan nama itu tak berubah sampai sekarang.

2. Pakde dulu punya cita-cita ingin menjadi guru, kagak nyobong neh… sejak sekolah dasar pakde ini selalu mendapat ranking kelas, yah paling tidak nomor lima dari bawah he he he… Makanya pakde dulu kuliah di IKIP Negeri Surabaya ( sekarang UNESA).


3. Untung tak dapat diraih, Malang tak dapat ditolak. Cita-cita tinggal cita-cita, rupanya menjadi PNS itu memerlukan keberuntungan tingkat tinggi. Karena itu pakde menyerah , tidak lagi mengebu-gebu mengejar cita cita menjadi guru ataupun pns. Pilihan pakde jatuh pada pekerjaan yang pokoknya bisa menghasilkan uang yang halal, jadi berbagai macam pekerjaan sudah pakde kerjakan, mulai jadi agen asuransi, sales piring, bahkan menjadi tukang sapu.

4. Pakde saat remaja adalah seorang anak pembohong. Bila orang tua menyuruh ke masjid untuk shalat dan belajar mengaji Al-Qur’an pakde selalu langsung berangkat, tapi tidak pernah sampai ke mushala atau masjid. Pakde membelok arah ke-keramaian dan permainan. Pakde memang tinggal dekat lokalisasi terbesar di Surabaya.


5. Karena alasan no empat diatas membuat wawasan dan pengetahuan agama pakde sangat dangkal, sehingga pakde tidak suka berdebat atau membahas masalah agama, pakde takut salah bicara sehingga malah menambah dosa .


6. Jangan terantuk batu dan jatuh ke lobang yang sama. Pakde tidak mau putra pakde akan mengalami kebodohan seperti pakde. Sejak kecil pakde berusaha mengenalkan putra pakde cara hidup sesuai tuntunan agama.

7. Pakde ini termasuk golongan orang yang gaptek. Percaya tidak? pakde bisa mengoperasikan computer dan mengenal internet hanya lima bulan sebelum membuat blog Pakde Sulas. Jika pakde membuat blog ini bulan September 2009, kira kira kapan pakde bisa memgoperasikan computer dan mengenal internet?


8. Mau tahu alasan pakde mau belajar mengoperasikan computer dan mengenal internet? Saat itu putra pakde mau masuk sekolah dasar, dan di sekolah ada pelajaran computer. “Jangan sampai anak gagap teknologi seperti ayahnya”, itulah motivasi pakde. Pakde akhirnya membeli computer dan beli modem internet.

9. Saat muda pakde sangat menggilai puisi atau sajak. Jangan tanya kalau sedang merayu cewek, sajak yang membombastis menjadi andalan sebagai alat peluluh hati cewek yang angkuh. Pokoknya setiap hari sang cewek selalu mendapat samperan dari tukang pos sebuah surat yang berisi “sajak-sajak cinta” he he he…


10. Yang no sepuluh apa ya? Oh…Ya .. hampir lupa. Pakde mulai belajar agama dan belajar membaca Al-Qur’an ketika usia pakde sudah 31 tahun, mungkin sudah cukup tua. Jadi Anda jangan nyengir dengan kebodohan pakde ini.

Itulah 10 dosa yang pakde akui, sebenarnya masih banyak lagi he he he….

15 comments :

  1. Asswrwb...hehhe mantepp Pak De pe-ernya sampun rampung nilainya 100! hehehe..., Matur nuwun. Mudah2an setelah pny blog Pakde semakin 'canggih' mengajari putranya computer ^_^,...oh ya kpn2 jadi pengen tau puisi mautnya Pak De yg bs bikin cewek2 klepek2...dipost di blog..^_^....

    ReplyDelete
  2. jadi bisa lebih menganal pak de baca tulisan ini.. semoga sehat selalu ya pak de.

    ReplyDelete
  3. hmm...kalau sy lebih dari 10...banyak ndosa ^_^

    ReplyDelete
  4. assalamu'alaikum Kang,
    meski baru usia 30 an th belajar tentang Islam (saya sih kurang yakin hhh), tapi dari tulisan-tulisan dan komentar Njenengan selalu bijak. Ini mennunjukkan kalo semua itu berangkat dari hati yang tulus.

    tadi malem koment pake hape 2 kali hilang hhh

    ReplyDelete
  5. wah aku ajaran buat puisi dunk Pakde,,hehehe,,,belajar itu tidk ada batasn umur lo,,tetep terus belajar Pakde,"minal mahdi ilal lahdi",,,

    ReplyDelete
  6. saya juga dulu kalau pergi ngaji lebih sering nongkrong di jalanan pakde. jadi ngajinya gak tamat-tamat, bolak-balik dari awal terus. sekarang ngelancarin sendiri pas sudah tua.

    ReplyDelete
  7. wahaha... nomor 4 itu pak manteb... :)

    ReplyDelete
  8. mantaf pak de,belum tentu lho orang lain yang mau mengakui kelemahannya seperti pak de.

    ReplyDelete
  9. Wah hebat Kang, 5 bulan ngoperasikan komputer langsung ngeblog.

    Luar biasa Kang, sungguh motivasi "anti gaptek" yang hebat.

    ReplyDelete
  10. hahaha dapet pr yah pakde hehe

    ReplyDelete
  11. salam kenal pak de, menarik juga latar belakang cerita hidupnya

    ReplyDelete
  12. Salam

    Motivasinya patut di contoh pak de..
    Apapun buat si buah hati tentunya..

    Salam kawan

    ReplyDelete
  13. pakde ga update update nih ><

    ReplyDelete