Tim Van Damme Pakde Sulas

Me

Blog

Rasa Rendahdiri

Rasa rendah adalah sesuatu yang bersifat wajar pada diri setiap manusia.Kalau bahasa sehari- hari kita sebut minder. Aku juga juga pernah menglaminya. Apakah rasa rendah diri itu bisa diubah menjadi rasa percaya diri?. tergantung, semua tergantung dari kita sendiri , kita bisa mengubahnya,dan semua ada prosesnya, Apasaja yang mempengaruhi, yang mempengaruhi bisa bersifat internal dan eksternal. Yang bersifai Internal, yaitu yang berasal dari dorongan diri sendiri,misalnya memang ada keinginan dari dalam diri kita untuk percaya diri, dan menganggap semua adalah sama derajatnya, istilah orang Surabaya : koen mangan sego aku yo mangan sego ( kamu makan nasi , aku jua makan nasi) sedang dorongan dari pihak luar disebut Eksternal, misal dorongan atu nasehat dari orang lain.
Aku punya cerita tentang ini
Ketika usiaku menginjak remaja , aku punya teman sebut saja namanya Gumilar, dia pendatang baru dilingkungan ku, ayahnya seorang seniman musik, kakkanya seorang penyiar radio di surabaya, kalau adiknya yang cewek cewek cakep cakep, Suatu hari ia mengajak aku kerumahnya, aku menolakya,walau dengan cara halus.
Aku tidak mau diajak kerumahnya karena aku sangat minder, rendah diri, mengapa? Aku aku menyangka temanku itu anak orang kaya, karena teman sekolahnya kalau bertandang kerumanya selalu bawa mobil, sedang pakain yang dikenakannya selalu bagus - bagus.
Pada suatu hari Ayah temanku itu meninggal dunia, aku melawat kerumahya, Sesuatu terjadi pada diriku, Aku sangat menyesal kenapa aku selama ini minder pada dia, padahal begitu aku tiba dirumahnya, ternyata dia tidak seperti yang aku bayangkan, rumahnya ternyata lebih sederhana pada rumah orangtuaku, bahkan perabotan rumahnya lebih sederhana dari yang aku punya.
Dari pengalaman inilah aku selalu berusaha untuk tidak minder atau rendah diri

0 comments :

Post a Comment